Senin, 02 April 2012

PENGANTAR ISBD


          ISBD adalah integrasi dari ISD dan IBD yang memberikan dasar-dasar pengetahuan social dan konsep-konsep budaya kepada mahasiswa sehingga mampu mengkaji masalah social kemanusiaan dan budaya. Selanjutnya mahasiswa peka, tanggap, kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah social dan budaya secara arif. Inti sepenuhnya dari mata kuliah ISBD ini adalah pembangunan karakter manusia yang utuh dan paripurna.
          Apabila dihubungkan terhadap kondisi masyarakat dan pola pendidikan di Indonesia saat ini banyak sekali pengaruh yang mengikat diantaranya saja globalisasi, modernisasi, sekularisasi, over spesialisasi, dan lain-lain yang menghasilkan sikap masyarakat yang egois, individualis, materialistis, sekuler, hedonis, krisis akhlak, agama sebagai simbul. Semua itu adalah akibat dari hilangnya pendidikan social budaya, proses pendidikan yang tidak komprehensip (menyeluruh) sehingga hilangnya rasa humanities dalam diri dan lenyapnya kehidupan homohumanus (manusiawi, berbudaya, dan halus) dalam masyarakat. Maka sebaiknya dalam proses pendidikan diarahkan pada enam pola makna esensial bagi segenap mahasiswa dan masyarakat diantaranya saja makna symbolics,empirics,esthetics, ethics,synoethics,dan synoptics yang dikemas dalam bentuk general education.
          Hasil akhir dan harapan dari adanya mata kuliah ISBD ini adalah manusia unggul (cerdas) secara intelektual, anggun secara moral, kompeten menguasai iptek, memiliki komitmen tinggi untuk berbagai peran social dan tetap mengembangkan kemampuan personal, kemampuan akademis, dan kemampuan professional dalam diri mahasiswa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar